Rainbow Pinwheel Pointer

Minggu, 06 September 2015

Musik Klasik Percepat Pertumbuhan Brokoli (Suara Merdeka, 3 September 2015)

Musik klasik dipercaya bisa menstimulasi pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun, bagaimana jika diaplikasikan pada tanaman?
Dua siswi MA 2 Kudus, Lailatul Fatkhiyah (16), dan Nur Laila Safitri (16) sukses meneliti manfaat musik klasik terhadap percepatan pertumbuhan tanaman, khususnya pada brokoli.
Dengan penelitian itu, keduanya bergasil meraih medali perunggu dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (LIPI) di Jakarta, baru-baru ini. “Kami meneliti bagaimana music klasik juga bisa menstimulasi pertumbuhan tanaman,” ujar Lailatul Fatkhiyah menunjukkan hasil penelitiannya.
Ide penelitian itu diawali dari lingkungan tempat tinggalnya di Kabupaten Demak. Ia merasa prihatin karena petani di daerah sentra pertanian itu masih mengandalkan pupuk-pupuk kimia untuk merangsang pertumbuhan tanaman. “Nah, dari sini kami diskusikan bersama teman, yaitu Nur Laila Safitri, dan muncullah ide memanfaatkan musik klasik,” Ujar putrid pasangan Tarwidi dan Sollikah itu.
Untuk memastikan hasilnya, mereka membuat camber atau tempat peredam suara. Ada tiga camber yang disiapkan dengan diisi tanaman brokoli berumur 18 hari dengan perlakuan yang berbeda.
Tanaman  pada camber pertama dialiri musik selama satu jam per hari, tanaman pada camber kedua dialiri musik klasik selama tiga jam per hari, dan tanaman pada camber ketiga dialiri musik klasik selama lima jam per hari. “Pembanding lainnya, kami tambah sattu tanaman control tanpa perlakuan musik,” Kata siswi yang akrab di sapa Laila itu.
Mereka mengadakan percobaan berkali-kali. Seluruh hasilnya sama, yaitu tanaman dengan dialiri music klasik paling lalma menunjukkan pertumbuhan paling cepat. Hal itu terlihat dari tinggi tanaman, banyaknya daun, dan lebar daun. “Pada eksperimen, kami menggunakan suara music kencang antara 125- 1.000 Hertz,” imbuh Noor Laila Safitri.
Putri pasangan Amir Mahmud dan Srikatun itu menjelaskan, sebelum mengikuti lomba karya ilmiah ini, mereka telah melakukan eksperimen tersebut pada berbagai tanaman yang hidup di dataran rendah dan dataran tinggi, seperti sawi dan cabai.
Pada semua tanaman yang dicoba, music klasik terbukti memberikan pengaruh positif dalam pertumbuhan tanaman. Bahkan, sejak pada perkecambahan.
Mereka berharap, hasil penelitiannya ini bisa memberikan kontribusi terhadap dunia pertanian di Tanah Air. Dengan memanfaatkan music klasik, tanaman apa pun bisa tumbuh optimal, meskipun tanpa pupuk kimia. Bahkan, bisa tumbuh optimal pada lingkungan yang tidak seharusnya tumbuh. (Septina Nafiyanti-71)

1 komentar:

nurjanah mengatakan...

ujaran kebencian

Posting Komentar