Rainbow Pinwheel Pointer

Kamis, 03 September 2015

English Debate Comunity of Man 2 Kudus

Salah satu ekstra yang dapat memotivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris ialahDebate Bahasa Inggris (English Debating). Ekstra ini, dari segi penilaian kemampuan Bahasa Inggris dapat menjadi indikator yang valid dalam menilai (assessing) kemampuan listening dan speaking siswa. Dalam ekstra debate, siswa akan mengeksplorasi semua pengetahuan, ide, pendapat, dan spontanitasnya ketika membahas suatu tema yang tersedia serta meng-counter opini lawan.
Tentu saja, dalam melakukan debat, siswa harus memiliki kosakata (vocabulary) yang memadai, terbiasa dengan ungkapan-ungkapan (expression) dalam percakapan, serta mampu bertukar opini (sharing opinion).
            Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas.

            Debat kompetitif adalah debat dalam bentuk permainan yang biasa dilakukan di tingkat sekolah dan universitas. Dalam hal ini, debat dilakukan sebagai pertandingan dengan aturan yang jelas dan ketat antara dua pihak yang masing-masing mendukung dan menentang sebuah pernyataan. Pemenang dari debat kompetitif adalah tim yang berhasil menunjukkan pengetahuan dan kemampuan debat yang lebih baik. Debat kompetitif bertujuan untuk menghasilkan keputusan namun lebih diarahkan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan tertentu di kalangan pesertanya, seperti kemampuan untuk mengutarakan pendapat secara logis, jelas, dan terstruktur, mendengarkan pendapat yang berbeda, dan kemampuan berbahasa asing.

0 komentar:

Posting Komentar