Rainbow Pinwheel Pointer

Senin, 19 Oktober 2015

ARABIC CAMP, AJANG CINTA BAHASA ARAB


 Arabic Camp  merupakan program baru tahun ini yang diselenggarakan khusus untuk seluruh siswa Program Keagamaan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cintapada Bahasa arab, pemetaan penguasaan dan kemampuan berbahasa arab, dan menghantarkan ke perguruan tinggi Timur Tengah. Acara yang dibuka oleh Kepala Madrasah di Oproom Senin (12/10),
kegiatan ini berlangsung selama enam hari.Setelah dibuka, siswa dikumpulkan dalam kelas masing-masing untuk mengerjakan soal Pre Test, yang merupakan ajang untuk menguji kemampuan awal siswa dalam Bahasa Arab.
Dalam program ini, ada beberapa materi yang diberikan kepada peserta Arabic Camp, yaitu materi sima’ah, materi kalam, materi qira’ah, dan materi kitabah. Penyampaian materi-materi tersebut berlangsung selama empat hari dan didampingi oleh dosen dari UIN Walisongo Semarang. Mereka adalah Ustadz Fakhruddin Aziz, Ustadz Mukhammad Arif Roy, dan Ustadz Syaiful Amar. Sebelum pembelajaran tersebut dimulai, pada pagi hari selalu diawali dengan (hiwarush shabah) percakapan pagi yang didampingi oleh pembimbing tiap-tiap firqah (kelompok).
Mulai malam Selasa hingga malam Sabtu, semua peserta Arabic Camp tinggal di pondok Yasin (santri putri), dan Mafatihul Ulum (santri laki-laki) Sunggingan Kudus. Setiap ba’da sholat isya’ selalu diadakan belajar bersama sesuai kelompok yang sudah dibentuk, dengan didampingi guru Bahasa Arab secara bergantian. Sebelum acara ditutup, seluruh peserta Arabic Camp mengikuti Post Test, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan akhir peserta setelah mengikuti kegiatan tersebut.
Sabtu (17/10), kegiatan ini ditutup dengan acara ranking 1 yang dilombakan di auditorium MAN 2 Kudus. Peserta yang memenangkan perlombaan ini adalah Sina Izzatul Himmah (XII IIK), M. Luqmanul Hakim (XI IIK), dan Kiki Ismah (XI IIK). Kemudian, dilanjutkan dengan pentas seni yang ditampilkan oleh perwakilan kelompok, dan yang menjadi juara pertama adalah dari kelompok empat dari kelas XI IIK  yang menampilkan drama musikal dengan peran utama M. Luqmanul Hakim sebagai anak TK, dan dia merupakan peserta terbaik dalam Arabic Camp, dan mendapatkan hadiah dari guru Bahasa Arab MAN2 Kudus.
Kegiatan ini ditutup oleh Muh. Chumaidi S.Pd.I di auditorium MAN 2 Kudus sore hari usai pembagian hadiah. Dengan terselenggaranya kegiatan ini harapan kedepannya, semoga Arabic camp bisa menjadi kegiatan rutin tiap tahun dan menjadi lebih baik lagi, untuk mencetak generasi Bahasa Arab yang lebih baik


                                                                                                TIM JFC ‘15

0 komentar:

Posting Komentar